TAKAMEDIA.ID, PENAJAM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas (SIMPERJADIN) di Kantor Diskominfo PPU, Jumat (24/10/2025).
Kegiatan ini menjadi langkah inovatif dalam upaya meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi pengelolaan administrasi perjalanan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU.
Aplikasi SIMPERJADIN dirancang untuk mempermudah pengelolaan administrasi perjalanan dinas sekaligus mendukung penerapan sistem kerja ramah lingkungan (paperless) dan efisiensi anggaran.
Melalui aplikasi ini, proses pengusulan perjalanan dinas dilakukan secara objektif dan terukur. Hal ini memudahkan pengawasan serta mencegah potensi terjadinya perjalanan dinas ganda oleh individu yang sama.
Kepala Bidang IKPH Diskominfo PPU, Eko Sumarlianto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa fitur utama SIMPERJADIN mencakup pengelolaan administrasi perjalanan dinas dan rekapitulasi kegiatan kedinasan.
“Dengan adanya aplikasi SIMPERJADIN, pengelolaan administrasi perjalanan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara diharapkan menjadi lebih efisien, akurat, transparan, dan terukur,” ujarnya.
Di kesempatan yang sama, Plt. Sekretaris Diskominfo PPU, Arsan, menyampaikan apresiasinya atas inovasi tersebut.
“Saya sangat mengapresiasi inovasi ini. Harapannya, melalui SIMPERJADIN proses administrasi perjalanan dinas dapat dilakukan lebih mudah dan efisien, karena mulai dari pengusulan hingga pelaporan bisa dilakukan secara paperless,” jelasnya.
Melalui kegiatan sosialisasi ini, Diskominfo PPU berharap implementasi aplikasi SIMPERJADIN dapat berjalan optimal sehingga administrasi perjalanan dinas di lingkungan Pemkab PPU dapat berlangsung lebih cepat, tertib, dan sesuai ketentuan yang berlaku. (Red)


